Pada awal bulan Juni 2010, saat istri menjemput putri cantik kami adzkiya, dikaca mobil terselip brosur mobil daihatsu. Kebetulan istri saya memang sudah lama berkeinginan dan mengajukan permohonan + anggaran pada saya untuk membeli mobil baru. Sesampai dirumah istri memberikan brosur tersebut pada saya. Agar istri tidak kecewa, pada sore harinya saya menelpon markerting yang tertera dalam brosur, Ciko namanya.
Entah kenapa saat saya menelpon marketing daihatsu astra itu, perasaan saya mengatakan bahwa marketing ini rajin, ulet dan gesit, terlihat dari cara bicaranya. Sampai disini sebetulnya belum terbersit dipikiran saya untuk mau ikutan jualan mobil daihatsu. Malam hari itu juga sesuai kesepakatan ditelpon, marketing daihatsu bernama Ciko datang kerumah. Hasilnya, pada malam itu juga saya putuskan positif membeli sebuah mobil TERIOS baru.
Setelah berbincang cukup lama, saya melihat ada sebuah potensi bila marketing daihatsu itu saya tawarkan untuk saya bantu jualan mobil daihatsu melalui web. Akhirnya saya berkata, Bagaimana bila saya bantu untuk jual mobil daihatsu, tapi melalui web ? Dari tatapan matanya, Ciko terlihat asing dengan apa yang saya tawarkan.
Sayapun bercerita bagaimana selama ini saya bisa menjual produk hanya dengan cara online (internet marketing), saya bercerita bagaimana usaha sampingan outbound Garuda Adventure yang saya kelola, seorang klien berani mentransfer uang senilai Rp. 100.000.000 tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu.
Mungkin antara yakin dan tidak, Ciko menyambut gembira tawaran saya. Diakhir bulan Juni, tepatnya 30-Jun-2010, saya registrasikan sebuah domain www.daihatsuonline.com. Saya mulai membuat web sederhana dan tidak neko-neko, yang penting informatif dan optimal di mata mesin pencari seperti google dan yahoo.
Saya mulai melakukan langkah optimasi daihatsuonline.com mulai dari langkah SEO1, SEO 2, SEO3 dan SEO 4. Seperti biasa layaknya seorang SEO handal (padahal pemula) saya berfikiran 2-3 bulan kedepan baru akan mendapatkan hasil. Namun, Alhamdulillah belum sampai 14 hari, Ciko menelpon saya bahwa sudah ada penjualan mobil deal dari web, WOW ini luar biasa sekali, lebih cepat dari apa yang saya harapkan.
Bahkan suatu ketika, Ciko menelpon saya pukul 23.30 WIB, dia berkata, pak saya sedang chatting dengan calon konsumen yang ingin membeli mobil daihatsu, hebat pak, malam malam begini masih ada orang yang cari mobil, hanya sekedar berkata begitu :) . Pukul 23.54 WIB, Ciko kembali menelpon saya, katanya : pak luar biasa, ini pengalaman pertama saya, dalam waktu singkat calon konsumen deal dan langsung mentransfer cash pembelian mobil dan terjadi di malam hari !!.
Memasuki bulan kedua, dari web daihatsuonline.com berhasil menjual 12 unit mobil daihatsu dan ini mengalahkan target penjualan seorang marketing di perusahannya.
Melakukan strategi pemasaran menggunakan media internet (internet marketing) memang salah satu strategi efektif dan effisien. itulah mengapa saya saat ini lebih suka menerapkan strategi pemasaran di dunia online ini :)
No comments:
Post a Comment